RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
I.
IDENTITAS
MATA PELAJARAN
a.
Nama Sekolah :
SMP N 18 Semarang
b.
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
c.
Kelas/Semester :
VII/gasal
d.
Alokasi Waktu :
2 x 25 menit
II.
STANDAR
KOMPETENSI
1.
Memberikan sikap positif terhadap norma-norma
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
III. KOMPETENSI DASAR
1.3.Menerapkan norma-norma
kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
IV. INDIKATOR
1.3.1.
Menjelaskan pengertian norma
1.3.2.
Menyebutkan macam-macam norma
1.3.3.
Menyebutkan kahikat dan arti penting hukum bagi
warga masyarakat
1.3.4.
Menerapkan norma-norma kebiasaan, adat istiadat dan
peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
V.
PENDIDIKAN
KARAKTER
Aspek
nilai-nilai pendidikan karakter yang diharapkan dalam pembelajaran yaitu:
-
Jujur
-
Disiplin
-
Tanggung jawab
VI. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
diskusi kelompok dan mengkaji berbagai literature diharapkan siswa mampu untuk:
1.
Menjelaskan tentang norma
2.
Menyebutkan macam-macam norma
3.
Menyebutkan kahikat dan arti penting hukum bagi
warga masyarakat
4.
Menerapkan norma-norma kebiasaan, adat istiadat dan
peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
5.
Siswa dapat mencari dan menerapkan informasi dan
lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif,
menunjukkan perilaku santun dalam kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif,
dan inovatif
VII. MATERI PEMBELAJARAN
1.
Pengertian norma
Norma
adalah aturan atau kaidah peraturan hidup yang ada dan hidup dalam
bermasyarakat.
2.
Macam-macam norma
Berikut
ini macam-macam norma:
a.
Norma agama adalah peraturan hidup yang harus
diterima manusia sebagai perintah-perintah, larangan-larangan dan ajaran-ajaran
yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa.
b.
Norma kesusilaan adalah peraturan hidup yang
berasal dari suara hati semua manusia.
c.
Norma kesopanan adalah nrma yang timbul dan
diadakan oleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulan sehingga
masiang-masing anggota saling hortmat-menghormati.
d.
Norma hukum adalah peraturan-peraturan yang
dibuat oleh lembaga kekuasaan negara.
3.
Pengertian hukum bagi warga negara
Hukum
adalah petunjuk hidup yang mengatur tata tertib dalam masyarakat yang
seharusnya ditaati oleh seluruh anggota masyarakat.
4.
Contoh-contoh penerapan dalam kehidupan
bermasyarakat
a.
Penerapan dalam kehidupan keluarga
·
Menjaga nama baik keluarga
·
Menaati tata tertib keluarga
·
Saling menghormati dan mengasihi sesama anggota
keluarga
b.
Penerapan dalam kehidupan sekolah
·
Belajar dengan tekun
·
Mematuhi tata tertib sekolah
·
Aktif mengikuti kegiatan sekolah
c.
Penerapan kebersihan dan keamanan serta
ketertiban lingkungan
·
Menjaga kebersihan dan keamanan serta ketertiban
lingkungan
·
Menghormati hak milik orang lain
·
Aktif bergotong royong
d.
Penerapan dalam kehidupan bernegara
·
Disiplin membayar pajak
·
Mematuhi peraturan hukum yang berlaku
·
Membela tanah air jika diancam musuh
VIII.
METODE
PEMBELAJARAN DAN MODEL
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Tugas individu
Model pembelajaran:
Talking stick
IX. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DAN ALOKASI
WAKTU
a.
Kegaitan Awal (5menit)
1.
Menyiapkan kondisi kelas, yaitu mengucapkan
salam dan mengecek kehadiran siswa
2.
Menyampaikan pokok materi pembahasan yang akan
disampaikan
3.
Guru menginformasikan kompetensi dasar dan
indikator yang ingin dicapai dalam pembelajaran
b.
Kegiatan Inti (15 menit)
1.
Eksplorasi
a)
Guru melalui apresiasi menjelaskan materi yang
akan dicapai (nilai rasa ingin tahu, komunikatif)
b)
Guru memberikan contoh berkaitan dengan materi
c)
Guru memberikan kesempatan kepada para siswa
untuk bertanya jika masih ada yang belum dimengerti
2.
Elaborasi
a)
Menjelaskan permainan talking stick
b)
Memberikan spidol sambil mengajak menyanyi
c)
Siswa diberi pertanyaan sesuai materi ketika
spidol berhenti
d)
Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan baik dan
benar
3.
Konfirmasi
a)
Guru mengulas kembali atau mengklasifikasi atas
jawaban siswa jika masih ada yang kurang atau salah (nilai peduli)
b)
Guru memberikan kesempatan pada siswa lainnya
untuk bertanya bagi yang belum jelas
c.
Kegiatan Penutup (5 menit)
1.
Evaluasi tertulis
2.
Menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang
telah disampaikan (nilai disiplin, komunikatif, kreasi, dan ulet)
3.
Memberikan pekerjaan rumah kepada siswa untuk
mempelajari materi berikutnya (nilai tanggung jawab)
4.
Menutup pelajaran dengan memberikan salam
penutup (nilai komunikatif)
5.
Guru meninggalkan ruangan tepat waktu
X.
ALAT
DAN SUMBER BELAJAR
a.
Alat dan Bahan
1.
Power point
2.
LCD
3.
Papan tulis/spidol
b.
Sumber Belajar
Priyanto
Sugeng. 2008. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMP Kelas VII. Semarang: Aneka
Ilmu. Hal 2
XI. PENILAIAN
1.
Teknik :
tertulis
2.
Bentuk :
instrument
3.
Soal instrument :
1)
Jelaskan pengertian norma!
2)
Sebutkan 4 macam norma!
3)
Sebutkan contoh norma agama!
4)
Jelaskan pengertian hukum!
5)
Sebutkan contoh peranan dalam kehidupan sekolah!
4.
Kunci jawaban:
1)
Pengertian norma yaitu: Norma adalah aturan atau
kaidah peraturan hidup yang ada dan hidup dalam bermasyarakat
2)
4 macam norma yaitu:
·
Norma agama
·
Norma kesusilaan
·
Norma kesopanan
·
Norma hukum
3)
Contoh norma agama yaitu:
·
“Kamu dilarang membunuh”
·
“Kamu dilarang mencuri”
·
“Kamu harus beribadah”
·
“Kamu jangan menipu”
4)
Pengertian hukum yaitu: petunjuk hidup yang
mengatur tata tertib dalam masyarakat yang seharusnya ditaati oleh seluruh
anggota masyarakat
5)
Contoh peranan dalam kehidupan sekolah yaitu:
·
Belajar dengan tekun
·
Mematuhi tata tertib sekolah
·
Aktif mengikuti kegiatan sekolah
Penilaian
|
:
|
Setiap soal apabila benar (dengan
sempurna) diberi skor 20. Apabila keliru (tidak sempurna) diberi skor dibawah
20 (sesuai kebijakan guru) dan apabila salah sama sekali diberi skor 0, jadi
nilai tertinggi adalah 100 dan terendah 0.
|
||
Pengamatan perilaku
|
:
|
Penilaian afektif dapat diberikan ketika
proses pembelajaran secara kelompok untuk mengobservasi perilaku siswa dengan
menggunakan format berikut.
|
||
No Ab sen
|
Indikator Sikan dan Indikator Penilaian
|
Nilai rata-rata
|
|||||||
Keraji-nan
|
Kedisi-plinan
|
Kejuju-ran
|
Keso-panan
|
Kerja-sama
|
Kepe-dulian
|
Tanggung
jawab
|
Menghormati
Pendapat Teman
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian:
Ø
Kriteria Skor:
|
1 = sangat kurang
2 = kurang / jarang
3 = cukup
4 = baik / sering
5 = sangat baik / sangat sering
|
Ø
Kriteria penilaian
1-20
21-40
41-60
61-80
81-100
|
= sangat kurang
= kurang
= cukup
= baik
= sangat baik
|
(SK)
(K)
(C)
(B)
(SB)
|
Ø
Jumlah nilai tertinggi adalah 100 didapat dari
20 (nilai tertinggi) x 5 soal
Mengetahui, Semarang,
10 Juli 2012
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar