Halaman

Selasa, 19 Juni 2012

RPP SD


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                 : SD Negeri 1 Ngadimulyo
Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester     : V1 / 1
Materi Pokok       : mendiskripsikan hasil laporan
Waktu                   : 2 x 35 menit

A.  Standar Kompetensi
3. Memahami teks dengan membaca intensif dan membaca sekilas
B.   Kompetensi Dasar
3.1 Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan

C.   Indikator
·     Siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut
·     Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan.
·     Siswa dapat memberikan tanggapan tentang laporan pengamatan.
·     Siswa dapat melaporkan hasil diskusi di depan kelas.

D.  Tujuan
·     Melalui penjelasan guru siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut dengan tepat.
·     Melalui penjelasan guru siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan dengan benar.
·     Melalui diskusi kelompok siswa dapat memberikan tanggapan tentang laporan pengamatan dengan tepat.
·     Melalui diskusi kelompok siswa dapat melaporkan hasil diskusi  di depan kelas dengan tepat.

E.    Materi Ajar
Mendiskripsikan Laporan Pengamatan
Apa yang kamu ketahui tentang laporan? Apakah hasil laporan pengamatan itu? Bagaimana cara mendeskripsikan isi laporan hasil pengamatan? Kamu pasti sering melaporkan sesuatu kepada gurumu atau orang lain. Laporan itu kamu sampaikan secara lisan, tetapi ada laporan yang disampaikan dengan cara ditulis. Nah, laporan itu adalah karangan yang berisikan penjelasan suatu hasil kegiatan. Laporan dibuat setelah kamu melakukan suatu kegiatan.
Adapun laporan pengamatan adalah membuat karangan sesuai dengan sesuatu yang diamati. Misalnya, laporan pengamatan pertandingan sepak bola, pengamatan cara guru mengajar, pengamatan lomba agustusan, pengamatan upacara bendera, dan pengamatan terhadap suatu tempat. Kamu juga bisa mengamati berbagai hal yang ada di lingkungan rumah atau sekolahmu.
Jika ingin mendeskripsikan isi laporan pengamatan, kamu harus membaca laporan pengamatan itu dengan sungguh-sungguh. selain itu, kamu juga harus bisa memahami garis besar isi laporan pengamatan tersebut.
Adapun jika kamu ingin membuat laporan pengamatan, kamu bisa memperhatikan
langkah-langkah berikut ini.
a. Tentukanlah apa yang kamu amati
b. Siapkan lembar pengamatan seperti berikut ini.
c.     Isilah lembar pengamatan tersebut dengan bahasa yang baik dan jelas. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia yang baku. Bahasanya harus jelas artinya, tidak
boleh membingungkan. Bila benar, harus ditulis benar dan bila salah harus ditulis salah.
d.    Laporan pengamatan harus berdasarkan fakta atau kenyataan. Tulislah sesuai dengan
apa yang kamu amati. Kamu jangan menambah atau mengurangi apa yang kamu amati. Jika kamu mengamati pertandingan sepak bola hasilnya 1-0, jangan kamu tulis 1-1 karena itu tidak sesuai fakta.
e.      Tulislah secara menarik, lengkap, dan enak dibaca sehingga pembaca akan merasa
senang saat membaca laporan yang kamu buat.
Ayo, baca laporan hasil pengamatan berikut ini.


 

F.    Metode Pembelajaran
·     Ceramah
·     Tanya jawab
·     Stategi KWL (know-want to know-learned)
·     Pemberian Tugas

G.  Langkah-Langkah Pembelajaran
1.  Kegiatan Awal
Apresepsi dan Motivasi
·     Guru mengawali pembelajaran dengan memberi salam, berdoa dan mengecek kesiapan siswa mengikuti pelajaran (religius).
·     Tanya jawab materi seperti: apakah kalian pernah lihat laporan? (rasa ingin tahu).
·     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi (rasa ingin tahu).

2.  Kegiatan Inti
a.     Eksplorasi
·     Siswa mengamati contoh laporan melalui tayangan dilanjut Tanya jawab seputar tayangan tersebut (rasa ingin tahu).
·     Siswa membentuk kelompok  heterogen 3 orang anggotanya   dengan bimbingan guru (disiplin)

b.    Elaborasi
·     Siswa menjawab pertanyaan dari guru mengenai laporan pengamatan
misalnya:apa yang kalian ketahui tentang laporan pengamatan? (rasa ingin tahu)
·     Guru menuliskan tanggapan dari setiap siswa dipapan tulis (disiplin)
·     Guru menanggapi jawaban dari siswa (menghargai prestasi).
·     Guru menjelaskan materi tentang laporan pengamatan (tanggung jawab)
·     Guru memberi tugas untuk membaca contoh laporan pengamatan (rasa ingin tahu)
·     Guru memberi tugas untuk meringkas laporan pengamatan tersebut pada setiap kelompok(rasa ingin tahu)
c.     Konfirmasi
·       Setiap kelompok maju kedepan untuk mempresentasikan hasil diskusinya. (disiplin)
·       Guru menilai hasil diskusi kelompok (menghargai prestasi).

3.    Kegiatan Ahir
·     Guru bersama-sama dengan siswa membuat menyimpulkan materi (disiplin)
·     Siswa mengerjakan evaluasi (disiplin)
·     Guru menutup pelajaran dengan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, memberi salam (rasa ingin tahu menghargai prestasi).

H.  Penilaian
Teknik skoring:
Setiap jawaba yang benar dberi skor 2
Nilai ahir   : skor perolehan :         skor maksimal x 100

I.      Sumber dan Bahan
1.    Nur’aini, Umri dkk. 2008.Bahasa Indonesia SD Kelas V1. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
2.    LCD

Mengetahui Dosen Pembimbing                      Semarang, 13 Juni 2012
Dosen Pembimbing                                           Praktikan



Yudie Eve Daimtie                                            Hanifah Dwi Risti
















LAMPIRAN
          NILAI                          
Nama

Kelas

Absen



LEMBAR KERJA SISWA
Ayo jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1.    Apa isi laporan pengamatan di atas?
2.    Dimana laporan pengamatan tersebut dilakukan?
3.    Kapan pengamatan tersebut dilakukan?
4.    Siapa yang melakukan pengamatan tersebut?
5.    Bagaimana hasil pengamatan tersebut?

          Kunci Jawaban:
1.    Laporan Hasil Pengamatan Lomba
2.    SDN Suka Makmur
3.    Senin 7 April 2008
4.    Haikal Tarmidzi
5.    Pada hari Selasa tanggal 10 September 2007, SDN Suka Makmur mengadakan lomba kebersihan kelas. Lomba itu diadakan mulai pukul 07.00 - 10.00. Peserta lomba adalah kelas satu sampai kelas enam. Semua kelas membersihkan kelas dan menata kelas dengan rapi. Setelah selesai lomba, kemudian diadakan penilaian. Jurinya adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan guru BP. Juara satu adalah kelas lima, juara dua kelas tiga, juara tiga kelas enam. Juara satu, mendapat hadiah sebuah jam dinding, tiga pot bunga hidup dan sebuah globe. Juara dua, mendapatkan sebuah jam dinding dan dua pot bunga hidup. Juara tiga, mendapatkan sebuah jam dinding dan sebuah pot bunga hidup.




LEMBAR KERJA KELOMPOK
NILAI                                                                  Kelompok :
Nama Anggota:

Kerjakanlah
Coba kamu diskusikan dengan kelompokmu tentang isi laporan pengamatan lomba kebersihan, berikan tanggapan terhadap laporan pengamatan tersebut dengan alasan yang logis.

Jawaban
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
LAMPIRAN
Model yang sesuai dengan kd tersebut adalah model top down karena siswa ditekankan untuk memahami bacaan laporan pengamatan dan kemudian mengintepretasikan apa yang mereka baca atau yang mereka ketahui dengan cara meringkas. Dan strategi yang digunakan adalah stategi KWL (Know-Want to Know-Learned) karena dengan menggunakan strategi tersebut guru dapat mengetahui kemampuan siswa sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran karena dalam stategi ini guru mengembangkan 3 langkah yaitu tentang apa yang mereka ketahui, menentukan apa yang mereka ingin ketahui dan mengingat kembali apa yang mereka pelajari. Strategi ini juga mengembangkan keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tugas ini disusun guna memenuhi tugas perkuliahan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi
Dosen pengampu Yudie Eve Daimtie S,Pd















Disusun oleh:
Nama   :Hanifah Dwi Risti              
NPM    :10120101
Kelas    :4B /PGSD




FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
IKIP PGRI SEMARANG
2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar