RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SD Negeri 1 Ngadimulyo
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V1 / 1
Materi
Pokok : mendiskripsikan hasil
laporan
Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar
Kompetensi
3. Memahami teks dengan membaca intensif
dan membaca sekilas
B.
Kompetensi Dasar
3.1
Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan
hasil pengamatan/kunjungan
C.
Indikator
· Siswa
dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami bagian-bagian kerangka yang
terdapat dalam teks laporan tersebut
·
Siswa
dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan pengamatan.
·
Siswa
dapat memberikan tanggapan tentang laporan pengamatan.
·
Siswa
dapat melaporkan hasil diskusi di depan kelas.
D. Tujuan
·
Melalui
penjelasan guru siswa dapat membaca laporan hasil pengamatan dan memahami
bagian-bagian kerangka yang terdapat dalam teks laporan tersebut dengan tepat.
·
Melalui
penjelasan guru siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi laporan
pengamatan dengan benar.
·
Melalui
diskusi kelompok siswa dapat memberikan tanggapan tentang laporan pengamatan dengan
tepat.
·
Melalui
diskusi kelompok siswa dapat melaporkan hasil diskusi di depan kelas dengan tepat.
E. Materi Ajar
Mendiskripsikan Laporan Pengamatan
Apa yang kamu ketahui tentang laporan? Apakah hasil laporan
pengamatan itu? Bagaimana cara mendeskripsikan isi laporan hasil pengamatan?
Kamu pasti sering melaporkan sesuatu kepada gurumu atau orang lain. Laporan itu
kamu sampaikan secara lisan, tetapi ada laporan yang disampaikan dengan cara ditulis.
Nah, laporan itu adalah karangan yang berisikan penjelasan suatu hasil kegiatan.
Laporan dibuat setelah kamu melakukan suatu kegiatan.
Adapun laporan pengamatan adalah membuat karangan sesuai dengan
sesuatu yang diamati. Misalnya, laporan pengamatan pertandingan sepak bola,
pengamatan cara guru mengajar, pengamatan lomba agustusan, pengamatan upacara
bendera, dan pengamatan terhadap suatu tempat. Kamu juga bisa mengamati berbagai
hal yang ada di lingkungan rumah atau sekolahmu.
Jika ingin mendeskripsikan isi laporan pengamatan, kamu harus
membaca laporan pengamatan itu dengan sungguh-sungguh. selain itu, kamu juga
harus bisa memahami garis besar isi laporan pengamatan tersebut.
Adapun jika kamu ingin
membuat laporan pengamatan, kamu bisa memperhatikan
langkah-langkah berikut
ini.
a. Tentukanlah apa yang
kamu amati
b.
Siapkan lembar pengamatan seperti berikut ini.
c.
Isilah lembar pengamatan
tersebut dengan bahasa yang baik dan jelas. Bahasa yang digunakan adalah bahasa
Indonesia yang baku. Bahasanya harus jelas artinya, tidak
boleh membingungkan. Bila benar, harus ditulis benar dan bila
salah harus ditulis salah.
d.
Laporan pengamatan harus
berdasarkan fakta atau kenyataan. Tulislah sesuai dengan
apa yang kamu amati. Kamu
jangan menambah atau mengurangi apa yang kamu amati. Jika kamu mengamati
pertandingan sepak bola hasilnya 1-0, jangan kamu tulis 1-1 karena itu tidak
sesuai fakta.
e.
Tulislah secara menarik, lengkap, dan enak
dibaca sehingga pembaca akan merasa
senang saat membaca
laporan yang kamu buat.
Ayo, baca laporan hasil
pengamatan berikut ini.
F. Metode
Pembelajaran
· Ceramah
· Tanya
jawab
· Stategi
KWL (know-want to know-learned)
· Pemberian
Tugas
G. Langkah-Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan
Awal
Apresepsi
dan Motivasi
· Guru
mengawali pembelajaran dengan memberi salam, berdoa dan mengecek kesiapan siswa
mengikuti pelajaran (religius).
· Tanya
jawab materi seperti: apakah kalian pernah lihat laporan? (rasa ingin tahu).
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan cakupan materi (rasa ingin tahu).
2. Kegiatan
Inti
a.
Eksplorasi
· Siswa
mengamati contoh laporan melalui tayangan dilanjut Tanya jawab seputar tayangan
tersebut (rasa ingin tahu).
· Siswa
membentuk kelompok heterogen 3 orang
anggotanya dengan bimbingan guru
(disiplin)
b.
Elaborasi
· Siswa
menjawab pertanyaan dari guru mengenai laporan pengamatan
misalnya:apa
yang kalian ketahui tentang laporan pengamatan? (rasa ingin tahu)
· Guru
menuliskan tanggapan dari setiap siswa dipapan tulis (disiplin)
· Guru
menanggapi jawaban dari siswa (menghargai prestasi).
· Guru
menjelaskan materi tentang laporan pengamatan (tanggung jawab)
· Guru
memberi tugas untuk membaca contoh laporan pengamatan (rasa ingin tahu)
· Guru
memberi tugas untuk meringkas laporan pengamatan tersebut pada setiap
kelompok(rasa ingin tahu)
c.
Konfirmasi
· Setiap kelompok maju kedepan untuk
mempresentasikan hasil diskusinya. (disiplin)
· Guru menilai hasil diskusi kelompok
(menghargai prestasi).
3.
Kegiatan Ahir
· Guru
bersama-sama dengan siswa membuat menyimpulkan materi (disiplin)
· Siswa
mengerjakan evaluasi (disiplin)
· Guru
menutup pelajaran dengan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya, memberi salam (rasa ingin tahu menghargai prestasi).
H. Penilaian
Teknik
skoring:
Setiap
jawaba yang benar dberi skor 2
Nilai
ahir : skor perolehan : skor maksimal x 100
I.
Sumber dan Bahan
1.
Nur’aini,
Umri dkk. 2008.Bahasa Indonesia SD Kelas V1. Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
2.
LCD
Mengetahui Dosen Pembimbing Semarang,
13 Juni 2012
Dosen Pembimbing Praktikan
Yudie Eve Daimtie Hanifah
Dwi Risti
LAMPIRAN
NILAI
Nama
|
|
Kelas
|
|
Absen
|
|
LEMBAR KERJA
SISWA
Ayo
jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini.
1.
Apa isi laporan pengamatan di atas?
2.
Dimana laporan pengamatan tersebut
dilakukan?
3.
Kapan pengamatan tersebut dilakukan?
4.
Siapa yang melakukan pengamatan
tersebut?
5.
Bagaimana hasil pengamatan tersebut?
Kunci
Jawaban:
1.
Laporan Hasil Pengamatan Lomba
2.
SDN Suka Makmur
3.
Senin 7 April 2008
4.
Haikal Tarmidzi
5.
Pada hari Selasa tanggal
10 September 2007, SDN Suka Makmur mengadakan lomba kebersihan kelas. Lomba itu
diadakan mulai pukul 07.00 - 10.00. Peserta lomba adalah kelas satu sampai
kelas enam. Semua kelas membersihkan kelas dan menata kelas dengan rapi.
Setelah selesai lomba, kemudian diadakan penilaian. Jurinya adalah Kepala
Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan guru BP. Juara satu adalah kelas lima, juara
dua kelas tiga, juara tiga kelas enam. Juara satu, mendapat hadiah sebuah jam
dinding, tiga pot bunga hidup dan sebuah globe. Juara dua, mendapatkan sebuah
jam dinding dan dua pot bunga hidup. Juara tiga, mendapatkan sebuah jam dinding
dan sebuah pot bunga hidup.
LEMBAR KERJA KELOMPOK
NILAI Kelompok :
Nama Anggota:
Kerjakanlah
Coba kamu diskusikan dengan kelompokmu tentang isi laporan
pengamatan lomba kebersihan, berikan tanggapan terhadap laporan pengamatan
tersebut dengan alasan yang logis.
Jawaban
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………
LAMPIRAN
Model yang sesuai dengan kd tersebut adalah model top down
karena siswa ditekankan untuk memahami bacaan laporan pengamatan dan kemudian
mengintepretasikan apa yang mereka baca atau yang mereka ketahui dengan cara
meringkas. Dan strategi yang digunakan adalah stategi KWL (Know-Want to
Know-Learned) karena dengan menggunakan strategi tersebut guru dapat mengetahui
kemampuan siswa sebelum pembelajaran dan sesudah pembelajaran karena dalam
stategi ini guru mengembangkan 3 langkah yaitu tentang apa yang mereka ketahui,
menentukan apa yang mereka ingin ketahui dan mengingat kembali apa yang mereka
pelajari. Strategi ini juga mengembangkan keaktifan siswa dalam proses belajar
mengajar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Tugas ini disusun guna memenuhi tugas perkuliahan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi
Dosen pengampu Yudie Eve Daimtie S,Pd
Disusun oleh:
Nama :Hanifah Dwi Risti
NPM :10120101
Kelas :4B /PGSD
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
IKIP PGRI SEMARANG
2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar